• RSS
  • My Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Wednesday 2 February 2011

Sudahkah Kita Bersyukur


Musim terus berganti, waktu terus berlalu, usia kian bertambah. Banyak yang sudah kita lalui di kehidupan ini. Ada masa dimana kita merasa senang. Tatkala kita menemukan pekerjaan idaman kita, mendapatkan promosi, dan terus menapaki tangga karir yang lebih tinggi dengan fasilitas yang lebih baik pula, kita memiliki perasaan senang. Ini mungkin merupakan salah satu titik puncak dalam kehidupan kita. Dunia seakan sangat indah di masa itu.

Tak dapat dielakkan, ada pula masa dimana kita mengalami begitu banyak masalah. Kita merasa sangat tertekan. Proyek kita mengalami hambatan ini dan itu, atasan kita terus menuntut kita dengan kinerja tertentu, persoalan rumah tangga, kejenuhan, dan lain sebagainya. Pada titik ini, kita menjadi sangat bingung, konsentrasi kita terpecah, wajah kita muram, dan antusiasme serta semangat kita semakin menurun.

Musim boleh berganti, waktu boleh berlalu, tapi kita harus terus belajar menjadi orang yang bijak. Bila kita sedang melalui masa-masa yang senang, apa yang kita lakukan? Kita tentunya harus bersyukur. Bila kita sedang melalui badai dalam hidup kita, apa yang kita lakukan? Biasanya, mengeluh. Setiap manusia normal, pasti pernah mengeluh. Memang hal tersebut bukan sesuatu yang salah, tapi mengeluh juga bukan sesuatu yang baik dan bijak. Kita merasa kecewa, kita merasa jenuh, bahkan kita marah terhadap orang lain sebagai manifestasi dari permasalahan yang kita hadapi. Jelas ini tidak baik bagi mental kita. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Yang harus kita lakukan adalah BERSYUKUR.

Mari kita ubah paradigma berpikir kita. Kita harus mensyukuri segala permasalahan yang terjadi hidup kita. Jadilah orang yang memiliki sikap positif. Sebagian dari kita (yang memiliki sikap negatif) mungkin akan berpikir, "Ah, teori... Ngomong sih gampang. Belum tau aja." Kalau kita berpikir demikian, tidak apa, kita dapat terus melanjutkan kehidupan dengan cara-cara lama dan paradigma kita sendiri. It's your life anyway. Sebagian lagi dari kita (yang memiliki sikap positif atau memiliki keinginan untuk berubah) akan bertanya, "Saya mau, bagaimana caranya?"

Mulailah dengan hal-hal kecil yang dapat menjadi latihan mental bagi kita.

# Bersyukur atas hari ini. Kita masih dapat bernafas, sementara banyak orang yang untuk bernafas saja masih memerlukan bantuan. (Lihat di rumah sakit).

# Bersyukur atas hari ini. Kita memiliki pekerjaan, sementara banyak orang terpaksa harus mengemis untuk hidup. (Lihat di jalanan, anak-anak dan
orangtuanya mengemis).

# Bersyukur atas hari ini. Kita dapat mengenyam pendidikan yang layak, sementara banyak orang yang membaca pun tidak bisa. (Lihat di daerah
terpencil tanpa sekolah).

# Bersyukur atas hari ini. Kita masih dapat makan enak, sementara di belahan dunia yang lain banyak orang yang menjadi kurus kering dan kurang gizi. (Lihat berita di TV yang terjadi di Afrika).

# Bersyukur atas hari ini. Bersyukur karena kita mengalami masalah. Bersyukur karena masalah diperkenankan terjadi dalam hidup kita. Bersyukur karena masalah hadir membantu untuk membentuk pribadi kita.

Ambil waktu tenang sejenak di sela-sela kesibukan kita atau mungkin malam hari sebelum kita tidur. Pejamkan mata kita agar dapat lebih berkonsentrasi. Lakukan refleksi diri. Lihat kembali perjalanan hidup kita. Mengapa kita ada di sini saat ini? Berapa banyak sudah hal-hal luar biasa, hal-hal baik, dan positif yang terjadi pada hidup kita? Syukurilah. Lihat juga berapa banyak permasalahan yang muncul dan sudah kita lalui? Syukurilah. Rasakan di setiap detik kehidupan kita.

Bersyukurlah, karena badai pasti berlalu. Ingat, ada musim berikutnya dalam hidup kita. Ada babak baru di hadapan kita. Siapkan diri kita untuk musim yang baru dengan sejuta keindahan di dalamnya.

4 comments:

  1. malam maz
    renungan yang bagus...

    ReplyDelete
  2. Assalau'alaikum Kang,
    mengikuti dan menghayati setiap aliran renungan dengan makna mendalam sehingga dada ini terasak sesak karena masih harus banyak bersyukur atas apa yang sudah ada dan membuang jauh-jauh segala bentuk keluh kesah

    ReplyDelete
  3. @Tomo
    Iya Alhamdulillah semoga bermanfaat mas

    ReplyDelete
  4. @Djangan Pakies
    Waslm Wr.Wb
    Jadi Teringat Kang dgn Ayat Nya : Jikalau dirimu bersyukur Maka Nikmat akan di tambah....
    Semoga Senantiasa diri ini menjadi ahli Syukur jauh dari kesombongan..
    amin

    ReplyDelete

Berikan Kesan Yang Membangun Kawan.....

About Me

I am 26 Years old, Born in one village in east of Region Bulukumba. Educational background Electrical Engineering at State Polytechnic of Ujung Pandang, & Continue to Bachelor Degree In UVRI Management, Economy Faculty. Now i am working at BUMN company (Tonasa Cement Plant)and Active in personal franchise business developer. So U can ask me and share in many things...telecomm,business,self improvement,religious, and Instrumentation Engineering.