• RSS
  • My Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Wednesday 10 August 2011

Tips Mudik Sedunia Bagi Pemudik Darat

Assalamualaykum Wr. Wb
Di sepertiga Bulan mulia ini, tidak berlebihan rasanya apabila kita yang berstatus pendatang di kota besar alias punya kampung sudah mulai mempersiapkan diri manakala waktu cuti bersama lebaran tiba. Apalagi kalau bukan mudik sedunia,hehe. Pada postingan kali ini, saya akan menulis Tips Mudik Sedunia bagi pemudik darat. Kenapa darat, karena rutinitas mudik tahunan saya hanya melewati jalur darat, tepatnya Kota Makassar- Kab.Bulukumba.
Ketika Lebaran sudah diambang pintu, saatnya merayakan kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa menahan segala lapar dan nafsu, saatnya saling memaafkan atas segala dosa yang diperbuat dan saatnya mudik ke kampung halaman. Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi dan budaya masyarakat Indonesia yang mereka lakukan menjelang lebaran. Ribuan manusia berbondong-bondong bergerak dari kota ke desa untuk berjumpa dengan orang-orang tercinta. Mereka begitu bersemangat untuk mudik lebaran, mereka tak peduli dengan harga tiket yang membubung tinggi, kesengsaraan di jalan karena berjubelnya manusia, hingga resiko kecelakaan yang kerap terjadi. 

Mudik yoookk, source pic here

Teringat 2 tahun lalu ketika belum memiliki kendaraan, ketika saya sekeluarga {adek kandung dan sepupu yang tinggal serumah}, rela jepit-jepitan memakai kendaraan panther atau kijang menuju kampung halaman [sekitar 250 km dari Makassar]. Biasanya semobil hanya memuat penumpang 7 orang, waktu itu 12 orang plus sopir. Anda bisa bayangkan kami dijepit kurang lebih 5 jam, untung kami tidak jadi Pisang Epe [makanan khas makassar]. Alhamdulillah tahun ini kami dikarunai kendaraan roda empat, walau bekas tapi mulus.

Antrian kendaraan saat mudik tiba, source pic here
Tapi yang namanya mudik, yang biasanya H-2 adalah puncak berjubelnya kendaraan, mobil mungkin mencapai ribuan atau puluhan ribu, motor silahkan anda hitung sendiri pastilah jumlahnya jauh lebih banyak dari mobil. Tetapi ditengah hari yang panas bagi pengendara siang hari plus masih dalam kondisi berpuasa kita kudu semangat dan tetap menjaga kesabaran hati serta attitude di jalan raya. 
Mudik sebagai tradisi tahunan, sebenarnya bisa kita kondisikan agar dalam pelaksanaannya nyaman dan kita jalani dengan hati yang riang. Tentunya agar mudik  Beberapa tips mudik berikut sebaiknya anda lakukan menjelang mudik sedunia :
  • Kebugaran tubuh kudu harus dijaga
        Inilah hal terpenting dan utama yang harus kita persiapkan. Kondisi fisik  adalah keharusan ketika kita mudik. Cobaan fisik di jalan raya tak terelakkan lagi, sehingga kebugaran adalah prasyarat utama pemudik. Apabila ada masalah dengan kebugaran disarankan menunda mudik sampai sembuh, atau membatalkan mudik demi keselamatan anda. Begitu banyak korban di jalan akibat kurang sehatnya pemudik, sehingga berkendara pun kurang konsentrasi sehingga akibatnya pun fatal. "Kirimlah kabar gembira ke kampung sobat menjelang hari raya, bukan berita duka."
  • Persiapan Bekal Mudik
        Mulai dari sekarang persiapan material mudik kita harus siapkan. Baik perbekalan makanan, minuman maupun obat-obatan. Ketika saat Anda merasa stamina menurun saat perjalan mudik, Anda dapat istirahat sejenak dan sembari makan dari perbekalan yang Anda bawa dari rumah atau Anda dapat minum obat untuk menambah stamina tubuh Anda.Bagi pengendara mobil yang rawan mabuk kendaraan, "antimo"nya jangan sampai terlupa. Jangan sampai anda berangkat dengan perut keroncongan. Apabila masih dalam keadaan berpuasa pastikan anda sahur secukupnya dan minumlah obat anda, jangan sampai batal puasa yah,hehe.
  • Kendaraan Mudik harus di fix kan secepatnya
        Pemudik yang baik harus mempersiapkan kendaraan mudik jauh hari sebelum keberangkatan. terkhusus bagi anda yang menggunakan kendaraan umum, minimal 2 hari sebelum mudik tiba, tiket sudah ditangan. Kalau perlu hunting tiketnya mulai dari sekarang. Jangan sampai anda ketinggalan, dan sedapat mungkin hindarilah calo agar anda lebih hemat. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, periksalah kondisi kendaraan anda, oli nya, ban nya, sistem suspensi nya, sistem pengereman agar anda nyaman dan tidak menemui kendala pada waktu mudik. 
  • Packing Barang/ Muatan Dengan Benar
       Ini juga harus menjadi perhatian, packing barang yang tepat dan benar. Jangan sampai kita over load dan sangat merepotkan kita di jalan. Pastikan barang bawaan sesuai kebutuhan, packing nya tepat sehingga bisa muat semua dalam kendaraan yang akan kita gunakan.
  • Pilihlah Waktu Keberangkatan Yang Tepat
        Salah satu tips jitu yang dapat meringankan beban ketika mudik adalah pilihlah waktu keberangkatan yang tepat, tapi tentu saja tergantung kondisi masing-masing. Bagi anda yang diatur jadwal bus, tentu saja harus mengikuti jadwal keberangkatan. Tapi bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya anda berangkat di jam-jam dini hari, biasanya lebih jarang kendaraan dibanding berangkat waktu pagi atau sore hari. Tetapi kondisi setiap daerah beda, kebetulan di daerah saya waktu jam 2 atau 3 dini hari jalanan masih lengang oleh pengendara, bagi yang ingin cepat sampai kampung biasanya memacu kendaraan di waktu tersebut. 
  •  Simpanlah dompet ditempat paling aman, uang tunai dikantong secukupnya, waspadai copet, hipnotis dan semacamnya
        Ketika mudik tiba, bejubel manusia dengan beribu macam karakter. Untuk keamanan anda, utamanya yang menggunakan kendaraan umum, usahakan simpan dompet di tempat teraman anda, biasanya memakai celana double dan tempatkan dompet di bagian depan. Uang tunai secukupnya di saku celana, ini juga bisa mengurangi peluang "para pencopet melaksanakan aksinya". Konsentrasi anda juga harus selalu diperhatikan, jangan sampai anda mudah terbuai oleh rayuan hipnotis. Walaupun bulan puasa, terkhusus di Indonesia hal ini takkan hilang,"mereka hanya berkelakar kami hanya ingin beli baju lebaran", hahay Alangkah Lucunya Negeri Ini.
  • Rumah yang anda tinggalkan, pastikan dalam keadaan terkunci
        Begitu banyaknya kejadian ketika tuan rumah mudik, rumah di belakang disatroni maling. Sekali lagi rekan jangan sampai kita mendengar berita duka di hari raya. Pastikan rumah dalam keadaan aman, terkunci sehingga tidak menimbulkan niat pencuri, ingat kejahatan bukan hanya karena ada niat, tetapi karena ada kesempatan, waspadalah...waspadalah!!
  • Berdoa dan selalu memberi informasi mengenai keberadaan kita kepada keluarga dirumah
        Sebagai pamungkas tips mudik tahun ini, serahkanlah kepada Allah Yang Maha Kuasa. Berdoalah semaksimal dan semampu kita agar dijaga oleh Allah dan diberi keselamatan, kesehatan dan umur panjang. Hanya Dialah satu-satunya penolong, Serahkanlah segala-galanya kepada Al Aziz yang Maha Perkasa. Persiapkanlah alat komunikasi untuk memberi informasi keberadaan kita kepada keluarga di rumah, agar mereka tidak cemas menunggu kepulangan kita. Ingat sob, handphone/i phone/Black berry dalam keadaan fully charged mengingat begitu pentingnya alat komunikasi ini.
Berikut do'a ketika safar/bepergian:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ


Allâhumma innâ nasaluka fî safarinâ hâdzâ al-Birro wa at-Taqwâ, wa minal’amali mâ tardhâ, Allâhumma hawwin ‘alainâ safaronâ hâdzâ, wathwi ‘annâ bu’dahu, Allâhumma antasshôhibu fî as-safari, wa al-Kholîfatu fî al-Ahli, Allâhumma innî a’ûdzubika min wa’tsâi as-Safari wa kaâbatil manzhori wa sûil munqolabi fî al-Mâli wa al-Ahli.


Ya Allah, kami mohon kepadamu dalam perjalanan ini kebajikan katakwaan dan amal yang Engkau ridhoi Ya Allah, ringankanlah atas kami perjalanan ini, dekatkanlah jaraknya perjalanan ini, Ya Alloh Engkaulah temanku dalam perjalanan ini dan Engkaulah sebagai pengganti yang melindungi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari pada kesusahan perjalanan ini, dari pemandangan yang menyakitkan dan dari nasib yang sial dalam harta dan keluarga.” (HR. Muslim)
Demikianlah beberapa tips mudik sedunia bagi pemudik darat ala dhykTa. Semoga ada manfaat dan mudah-mudahan mudik kita tahun ini kita bisa mencium tangan kedua orang tua, bahagia bersama keluarga dan bagi rekan yang sudah ditinggalkan orang tua, bersihkanlah kuburan mereka dan panjatkanlah doa terbaik untuk keselamatan mereka di alam kuburnya.
Wassalamu alaykum Wr. Wb


________________________________________________________

Artikel ini diikutkan dalam kontes ADUK dengan tema Tips Mudik di blognya Pakde Cholik

1 comment:

  1. Klo Mudik aku lebih suka pas Hari H-nya atau pas lebarannya haha... pagi minal aidzin dulu ama tetangga dan temen2 baru siank berangkat ke kampung :) tapi sayang tahun ini jatah cutiku udah abis hhe... :)

    Met mudik deh klo gitu... :)

    ReplyDelete

Berikan Kesan Yang Membangun Kawan.....

About Me

I am 26 Years old, Born in one village in east of Region Bulukumba. Educational background Electrical Engineering at State Polytechnic of Ujung Pandang, & Continue to Bachelor Degree In UVRI Management, Economy Faculty. Now i am working at BUMN company (Tonasa Cement Plant)and Active in personal franchise business developer. So U can ask me and share in many things...telecomm,business,self improvement,religious, and Instrumentation Engineering.