• RSS
  • My Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thursday 3 May 2012

Jose Mourinho is The Real Special One

The Real Special One

José Mário dos Santos Mourinho Félix, lebih dikenal dengan nama José Mourinho,  lahir di Setubal, Portugal, 26 Januari 1963; umur 49 tahun adalah seorang pelatih sepak bola asal Portugal. Ia adalah pelatih Real Madrid sejak 31 Mei 2010. Mourinho termasuk salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola dunia atas prestasi-prestasi yang sudah diraihnya selama ini. Pelatih sepak bola fenomenal yang saat ini melatih klub sepakbola terkaya sepanyol yaitu Real Madrid sudah tidak di ragukan lagi sepak terjangnya dalam dunia sepak bola. Jose Mourinho yang berhasil mengangkat prestasi beberapa klub yang lama mengalami puasa gelar salah satu klub yang pernah di latih jose Mourinho yaitu Chelsea dan berhasil mengakhiri 50 tahun puasa gelar juara liga inggris pada saat itu. 

Inter begitu fenomenal ditangannya
Ketika di Italy dari 2 Juni 2008 hingga 30 Mei 2010 ia melatih klub raksasa Italia, Inter Milan. Di klub megah itu Mourinho berhasil meraih treble winners, Champions League, Italian Cup dan Serie A. Fenomenal bukan? Of Course, bahkan di semifinal 2010 UCL mengandaskan Barca yang sedang dalam top penampilannya. Tak sampai disitu. Korban berikutnya adalah Raja Jerman Bayern Munich akhirnya bertekuk lutut di final. The Bavarian pun rela menyerahkan gelar paling bergengsi di benua Biru itu





Ketika di Chelsea
Sebelumnya ia melatih Chelsea (2004-2007), Porto (2002-2004), U.D. Leiria (2001-2002), dan S.L. Benfica (2000-2001). Mourinho dua kali membawa Porto dan Chelsea menjadi juara liga serta mengantarkan gelar Liga Champions dan Piala UEFA bagi Porto. Ia tiga kali dinobatkan sebagai pelatih sepak bola terbaik dunia oleh International Federation of Football History & Statistics (2004, 2005, dan 2010).

Mourinho belajar di universitas di Lisboa dan meraih gelar sarjana dalam bidang ilmu olah raga dengan tesis mengenai metodologi persepak bolaan. Ia dengan cepat beralih profesi mulai dari mengajar, melatih tim junior dan menjadi penerjemah untuk Bobby Robson pada Sporting Lisbon, kemudian menjadi asisten pelatih ketika ia mengikuti Robson pindah ke FC Porto dan Barcelona. Di Barcelona, ia menjadi asisten Louis van Gaal, kemudian di tahun 2000 ia kembali ke Lisboa dan menjadi pelatih Benfica.

Mantan pelatih Benfica ini dikenal dengan komentar-komentarnya yang sangat tajam dan kontroversial. Saat tiba di Chelsea pada 2004, ia menyebut dirinya sebagai "sang istimewa" (The Special One). Ditambah dengan penampilannya yang bergaya "bintang film", ia kerap menjadi sasaran di halaman utama berita dan gosip. Profilnya menjadi salah satu penghuni patung lilin di Museum Madame Tussaud di London.

Sosok Kontroversial
Dia dikenal sebagai pelatih dengan kepribadian yang kuat dan mampu menanamkan mental juara di setiap tim yang ditanganinya. Meski strateginya acapkali dikritik karena memainkan sepak bola negatif, dia adalah jaminan prestasi yang sahih. Tidak jarang Mourinho disebut " pelatih spesialis piala " dengan keberhasilannya merebut empat trofi domestik di empat negara yang berbeda.


 




Prestasi Termutakhir Mou di Madrigal

Jose Mourinho, sosok penting dibalik kesuksesan Madrid memang merupakan anugrah untuk tim tersebut. Dilihat dari usahanya mengasuh Real Madrid, tim sepak bola spanyol itupun memang memiliki popularitas yang selalu melangit dan tentunya diikuti dengan prestasi yang didapatkannya. Real Madrid Dibawah Jose Mourinho memang berbeda, dari segi permainan dan strateginya.

dikutip dari Republika, Kemenangan Real Madrid 2-1 atas Barcelona di Stadion Nou Camp pada Ahad (22/4) dini hari memantapkan posisi tim besutan Jose Mourinho dengan raihan 88 poin. Mereka terpaut tujuh poin dari Barcelona yang berada di bawahnya. Dengan menyisakan empat jornada, dapat dikatakan gelar juara La Liga Spanyol bakal jatuh ke tangan Los Blancos.

Kemenangan spektakuler Madrid juga menyisakan rekor gol baru di kancah La Liga menyusul gol yang dicetak Samy Khedira dan Cristiano Ronaldo ke gawang Victor Valdes. Dengan tambahan dua gol itu, para pemain Madrid sudah mencetak 109 gol dan memecahkan rekor 107 gol yang tercipta di musim 1989-1990 di era pelatih John Toschak. Madrid juga menjadi klub top skorer kompetisi dengan total 5.393 gol.

Dikutip laman resmi Real Madrid, dari 109 gol sebanyak 63 dicetak saat bermain di Santiago Bernabeu dan menjadi tim kandang ketiga terbaik dari 81 edisi kompetisi La Liga. Sebanyak 14 pemain dalam skuat Mourinho menyumbang pundi-pundi gol di musim ini. Cristiano Ronaldo menjadi penyumbang terbanyak dengan 42 gol, Higuain (21), dan Benzema (18), yang merupakan trio lini depan mematikan.

Champion of La Liga
Campeones! Kemenangan 3-0 Real Madrid di kandang Athletic Bilbao memastikan Los Blancos meraih titel La Liga musim 2011-12 atau gelar juara liga ke-32 dalam sejarah klub asal ibu kota Spanyol itu.

Tiga gol kemenangan Madrid dicetak Gonzalo Higuain dan Mesut Ozil di babak pertama, sebelum ditutup gol Ronaldo pada babak kedua.
Dengan koleksi 94 poin, Madrid tak lagi terkejar oleh Barcelona, meski sang rival juga meraih kemenangan 4-1 atas Malaga di Nou Camp. Madrid sendiri masih bisa menggapai 100 poin musim ini andai mampu memenangkan dua laga sisa lawan Granada (A) dan Mallorca (H).
Hasil ini sekaligus membuat Madrid mengakhiri dominasi Barcelona yang selalu menjadi juara liga dalam tiga tahun berturut-turut. Madrid juga mencatat hasil fantastis dengan tak terkalahkan dalam 20 pertandingan terakhir di liga.
Buat Jose Mourinho, ini adalah gelar juara liga pertamanya di Spanyol -yang pertama untuk Real Madrid setelah musim lalu “cuma” dapet Copa Del Rey. Dengan koleksi trofi terbarunya ini, The Special One kini tercatat telah menjuarai SEMUA liga yang pernah ia jalani: Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol.


2 comments:

  1. Saya yakin, akan lebih banyak prestasi yang bakal diraih si special one ini

    ReplyDelete

Berikan Kesan Yang Membangun Kawan.....

About Me

I am 26 Years old, Born in one village in east of Region Bulukumba. Educational background Electrical Engineering at State Polytechnic of Ujung Pandang, & Continue to Bachelor Degree In UVRI Management, Economy Faculty. Now i am working at BUMN company (Tonasa Cement Plant)and Active in personal franchise business developer. So U can ask me and share in many things...telecomm,business,self improvement,religious, and Instrumentation Engineering.