• RSS
  • My Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thursday, 10 March 2011

Wisata Kuliner Khas Makassar

Topik kali ini, saya akan mengupas tuntas tentang sisi Makassar. Sejarah Makassar yang panjang dan sangat disegani hingga negeri Madagascar dan south africa, membuat penasaran banyak orang ingin berbondong-bondong ke kota ini.
Kali ini saya ingin memperlihatkan Wisata Kuliner Khas Makassar. Banyak Wisatawan sangat menggemari masakan khas Kota Daeng karena rasanya yang khas dan mantap abis.
berikut beberapa kuliner khas Makassar:
"sumber gambar : http://www.casavina.com"

1. Coto Makassar

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi  yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “burasa”. Saat ini Coto Mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran. Sangat mudah mendapatkan pa'balu Coto (Penjual Coto) di Makassar, kisaran harganya pun lumayan murah sekitar Rp 5.000 - an. Sekedar saran kalau ingin menjajal Coto yang paling enak di Kota Daeng adalah Warung Coto Daeng, Warung Coto Paraikatte Jalan Pettarani, dan Warung Coto Jalan Gagak. Direncanakan Coto Makassar akan menjadi salah satu menu pada penerbangan domestik Garuda Indonesia dari dan ke Makassar.
2. Sop Konro
Masakan khas daerah Makassar, selain Coto adalah Sop Konro. Makanan ini disajikan dalam dua bentuk, yaitu sop berkuah maupun dibakar dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/dibakar dengan bumbu ketumbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, vitsin yang sudah dihaluskan. Sop Konro pada umumnya disajikan/dimakan bersama nasi putih dan sambal. Rasanya sangat Khas dengan bumbu yang sangat terasa. Kisaran harganya Rp 10.000 - an. Saran tempat yang paling enak adalah Konro Jalan Singa yang pernah masuk SCTV.
3. Sop Saudara
Satu lagi makanan unik yang dapat ditemui di Kota Makassar, namanya Sop Saudara. Anda dapat menemui tempat makanan yang menyajikan kuliner ini di Jalan Andalas, persis di samping Masjid Raya Agung Makassar yang dibangun oleh keluarga Jusuf Kalla.
Tetapi kalau yang betul-betul asli carilah hidangan Sop Saudara dari daerah Pangkep. Dijamin Ma'nyuss. Sop Saudara merupakan masakan khas daerah yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya.
Satu Porsi sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000 an
4. Pisang Epe
Pisang Epe adalah salah satu jajanan khas Makassar, makanan ini terbuat dari pisang yang dibakar lalu di epe ( digepengkan / dipipihkan ) dan disiram dengan gula merah cair ber-aroma durian. Pisang Epe ini juga bervariasi, ada yang ditaburi kelapa sangrai, keju , coklat ataupun kacang panggang. Kalau mau menemukan Pisang Epe silahkan anda menelusuri jalan sepanjang Pantai Losari, disana banyak sekali Penjual Pisang Epe. Harganya pun relatif murah, sekitar Rp 5.000-an satu porsinya.


5. Es Palu Butung
Es Pallu Butung adalah makanan penutup sangat populer dari Makassar, Sulawesi Selatan. Es ini biasa tersaji di warung-warung atau rumah makan yang menu utamanya Coto Makassar, karena memang dua hidangan berasal dari daerah yang sama. Apalagi kalau Bulan Ramadhan, mungkin ini makanan terlaris di Kota daeng. Paduan Pisang Raja dan Kuah putih yang mantap,  anda harus merasakan sensasi kuliner yang satu ini. Harga per porsi biasanya Rp 5.000-an.
6. Es Pisang Ijo (Hijau)
Ini adalah hidangan khas dari Makassar, hidangan ini paling enak jika dinikmati pada saat cuaca panas. Es pisang ijo terbuat dari pisang raja atau kepok, dibungkus dengan tepung terigu yang sudah diberi santan dan air daun pandan atau pasta pandan sebagai pewarna dan pengharum sehingga berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi es serut, kacang goreng/sangrai yang ditumbuk kasar  dan sirup. Jadi kata ijo itu bukan menunjukkan bahwa jajanan ini terbuat dari pisang hijau tetapi dari tepung pembungkusnya yang berwarna hijau dari daun pandan.
7. Barongko
Kalau yang ini adalah menu favorit saya. Asli UNBELIEVABLE. Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar yang dibuat dari buah Pisang Kepok matang yang dikukus dengan daun pisang. Dahulu paada masa pemerintahan kerajaan di Sulawesi Selatan, Barongko merupakan makanan penutup yang mewah, dan hanya disajikan untuk Raja-raja, dan disajikan pada moment-moment tertentu, seperti acara perkawinan, ulang tahun, dan lain. lain. Untuk menambah cita rasa dan selera, bahan dasar Barongko biasanya ditambah dengan irisan buah Nangka atau Kelapa muda.



5 comments:

  1. Sy hobi beli Coto Makasar, Es Palu Butung, dan Es Pisang Ijo di depan Asrama Mahasiswa Makasar di Jogja. Mantap! Enak! Puanas campur dingin! Ditambah antri. Jos!

    ReplyDelete
  2. @Febri: Mantap lah klo gitu...menu mks bs jd salah satu good choice ....diantara makanan2 enak Indonesia....
    thanks atas kunjungannya yah...

    ReplyDelete
  3. thanks informasix gan…
    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=16

    ReplyDelete
  4. Masih kurang, daeng... Ada Barobbo', ikan bakar bumbu,kapurung, n masih banyak lagi!

    ReplyDelete

Berikan Kesan Yang Membangun Kawan.....

About Me

I am 26 Years old, Born in one village in east of Region Bulukumba. Educational background Electrical Engineering at State Polytechnic of Ujung Pandang, & Continue to Bachelor Degree In UVRI Management, Economy Faculty. Now i am working at BUMN company (Tonasa Cement Plant)and Active in personal franchise business developer. So U can ask me and share in many things...telecomm,business,self improvement,religious, and Instrumentation Engineering.