• RSS
  • My Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Tuesday 3 May 2011

Try Open Source LINUX UBUNTU


Dear All,
Kali ini sy ingin sedikit berbagi tentang open source. Seperti biasa sy pulangnya jam 16.30 Waktu Makassar dan sekitarnya. Tapi hari ini lagi rame banget di kantor no-bar andalan indonesia Persipura vs South China di AFC Cup yang berlangsung di Stadion Mandala Papua. Alhamdulillah anak-anak Papua gila banget mainnya mpe Bintang Kelas dunia macam Nicky Butt & Mateja Kezman gigit jari setelah tim nya dipermak 2-4 oleh anak-anak mutiara hitam. But actually saya nggak mau cerita tentang kehebatan anak-anak Papua, pas mau pulang boss di kantor ngasih dvd LINUX Ubuntu. Saya yang masih asing banget coba install di Laptopku, jadinya tinggal nginstall dulu.

Sebelum lanjut ceritanya berikut saya share dikit tentang linux ubuntu:
"
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).
Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.
Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).
Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004, versi- versi ubuntu akan dirilis stiap 6 bulan sekali agar dapat memperbaharui sistem keamanan dan update program. LTS (Long Term Support) rilis, yang terjadi setiap dua tahun, didukung untuk tiga tahun pada desktop dan server untuk lima tahun.Andy Fitzsimon merupakan pencipta logo dari ubuntu yang sampai pada saat ini tidak ada perubahan dalam logo tersebut. Default User Interfaceny menggunakan GNOME ( varian berbeda ).


"
Yah tentang UBUNTU info di atas dah cukup jelas kan??"
Nah pas saya install alhamdulillah lancar, laptop ku dah jadi multi OS -Operation System jadinya ada linux ada Windows 7. Akhirnya  saya mulai login dan mulai berselancar di  dunia ubuntu.
Nah mulai masalah muncul waktu mau coba muter musik dan film gak bisa karena katanya programnya dalam bentuk plug in belum terinstall. Selidik punya selidik Linux ini harus diupdate dulu package nya dari internet. Akhirnya after googling, dapat juga kata kuncinya untuk install update programnya.
Saya jadi interested banget sama ini barang, why???
karena gratis, OPEN SOURCE jadi gak perlu crack serial number kayak windows punya. Nah yang paling buat saya tertarik mantap benar jalankan programnya, asli cepet banget gak kayak diwindows lalod-lambat loading.
Friend nah sedikit sharing yah, untuk update saya masuk di GNOME Terminal semacam prompt kalau di windows. Setelah masuk saya coba mulai update, kata kuncinya :
" $ sudo apt-get update lalu enter....
setelah masukkan password secara otomatis update semua program dalam package, sambil saya tunggu saya postinglah artikel ini, hingga detik ini masih nunggu, tapi asyik juga, karena saya betul-betul newbie dalam dunia open source.

Demikianlah kisah saya hari ini tentang open source, silahkan yang mau mencoba, tidak jauh beda dengan Windows, malah tampilannya jauh lebih compact--menurut saya lho....
                                                                                                                                                       
                                                                                                                                                                                                                                                                       

2 comments:

  1. laptop abang saya full linux. sebenarnya kalo masalah OS di laptop, emang sesuai kebiasaan sih. karena udah biasa sama windows, jadinya males ganti2. tp kalo utk opensource, emg cool bgt deh linux.
    laptop client saya malah punya 3 OS. Mac Os, windows 7, n linux. malah ada yg plus windows Xp karena stabil bgt. jadi 4 OS.

    ReplyDelete
  2. saya make 2 OS...linux sama win 7 ...

    2 duanya muantappp

    ReplyDelete

Berikan Kesan Yang Membangun Kawan.....

About Me

I am 26 Years old, Born in one village in east of Region Bulukumba. Educational background Electrical Engineering at State Polytechnic of Ujung Pandang, & Continue to Bachelor Degree In UVRI Management, Economy Faculty. Now i am working at BUMN company (Tonasa Cement Plant)and Active in personal franchise business developer. So U can ask me and share in many things...telecomm,business,self improvement,religious, and Instrumentation Engineering.