• RSS
  • My Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Monday 15 August 2011

Sedekah Ramadhan buat kita jauh lebih kaya

Assalamualaykum Wr.Wb
Ba'da Tahmid Washalawat
Dear all bloggers yang senantiasa berbahagia, hari ini saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, salah satu sahabat/rekan seperjuangan ditempat saya mencari nafkah baru kehilangan putra tercinta nya yang baru lahir hari ini, semoga beliau sabar dan kuat, insya Allah anaknya GIRI menjadi penjemput ayah bundanya di JannahNya, amin.
Seminggu ini, kegiatan ngeblog saya memang agak berkurang, lebih banyak develop blog monetyze saya yang berkat do'a dan dukungan bloggers sekalian sedang berusaha mengumpulkan rezeki berupa kepingan-kepingan dollar. Sebenarnya apa sih maknanya semangat mengumpulkan nafkah di bumiNya Allah ini?
     Sebelumnya silahkan simak kata-kata dalam lirik OPICK berikut ini:
             "Alangkah indah orang bersedekah"
             "Dekat dengan Allah dekat dengan Syurga"
             "Takkan berkurang harta yang sedekah"
             "Akan bertambah, akan bertambah"

Nah apa yang sahabat bloggers bisa petik dari bait-bait nasyid"sedekah" ini?
Jelas Allah sangat mencintai ahli sedekah. Balasannya pun tak tanggung-tanggung di dunia harta akan bertambah, tak ada cerita ahli sedekah miskin, lebih-lebih diakhirat balasannya adalah syurga yang begitu indah.

Ramadhan mubarak {syahrul Mubarok} adalah bulan tarbiyah yang salah satunya mentarbiyah kita menjadi ahli sedekah. Dalam rukun islam Zakat menjadi pilar penting selain dari Syahadatain.Sholat,Shaum dan Haji. Zakat sendiri adalah hal yang diwajibkan Allah dan termasuk di dalam jenis sedekah. Selain zakat, kita mengenal ada infak atau sedekah selain zakat yang diwajibkan.

Sedekah ramadhan begitu besar ganjaran pahalanya oleh Allah. Dari informasi yang kita peroleh dari ceramah-ceramah Tarwih kita, ada yang mengatakan di lipatgandakan menjadi 700kali dari sedekah kita. Hitungan matematisnya sedekah 1000 nilai pahalanya adalah 700.000 kali. Tetapi yakinlah saudaraku, hitung-hitungan Allah jauh lebih banyak dari hitungan kita. 

Jujur saya katakan salah motivasi saya nge blog, bekerja di kantor, dagang dan kegiatan duniawi lainnya adalah tentu saja sukses di bidang finansial. Sekarang ini saya mau buka-bukaan nih hehe, mungkin anda pun pernah dapat sindiran yang saya alami dari keluargaku"pemburu dollar lah, laki-laki matre lah,dan lain sebagainya". Tenang rekan, kembali ke niat masing-masing, apa tujuan kita bekerja di dunia ini.

Secara pribadi, saya hanya berusaha memanfaatkan fasilitas yang Allah berikan baik itu lewat Moneytizing, menjadi officer adalah untuk menjadi orang yang berpunya dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Begitu banyak di jalan raya, di terminal, mesjid-mesjid kita, saudara sepupu / om / nenek yang sakit-sakitan, anak yatim yang mau sekolah. Demi Allah mereka selain mengharap do'a kita, mereka juga mengharap lebih. Kadangkala saya begitu sedih manakala ada proposal untuk dakwah islamiyah dan saya hanya bisa mengeluarkan recehan seribuan, atau lima ribuan, yah karena memang segitu adanya dikantong. Betull sob "tergantung niatnya" tapi bukankah Allah mengganjar pahala bagi kita tergantung seberapa besar kadar amal yang kita lakukan. Saya sangat sepakat syarat pertama dan utama adalah Ikhlas, tetapi secara sosial mereka mengharap nominal. Mesjid-mesjid kita banyak yang sudah rapuh, dimakan rayap butuh pergantian tegel, atap, semuanya itu butuh pundi-pundi sedekah kita. Ramadhan mendidik kita menjadi ahli sedekah, kita semua tahu semua yang keluar tidak ada yang sia-sia bahkan akan dikembalikan oleh Allah berkali-kali lipat.

      Silahkan didengar lanjutan lirik nya:
      "Allah Maha Kaya Yang Maha Pencipta"
     " takkan berkurang harta yang bersedekah"
        akan bertambah
        akan bertambah

     "Allah Maha Kaya yang Maha Pemurah"
      yang akan mengganti dan membalasnya
      Allah Maha Kuasa yang Maha Perkasa
      semoga kan membalas surga"

Allah Maha Kaya, mengapa kita membatasi diri untuk menggapai rezekiNya, rezekiNya terpampang luas di lautan dan daratan, ambillah, kemudian segerakanlah bagi karena didalamnya ada hak-hak saudara kita yang fakir, miskin untuk mensucikan harta kita. Jadi sekali lagi makna sedekah ramadhan ini sebenarnya selain mensucikan harta, adalah menjadikan kita jauh lebih berpunya dan lebih sukses, sukses finansial sukses amal akhirat, dan kehidupan kita akan jauh lebih berbahagia.

    " oh indahnya saling berbagi
      saling memberi karna Allah"

    " oh indahnya saling menjaga 
      saling mengasihi karna Allah"

Sebagai konklusi izinkan saya berkata" Sedekah Ramadhan" mengajarkan kita pentingnya untuk bermanfaat kepada orang lain, Sebaik-baik dari kita adalah yang bermanfaat bagi orang lain, kita akan kaya finansial dengan sedekah terlebih lagi kaya akan pahala di akhirat asalkan dijaga keikhlasannya jauh dari sifat riya.

Semoga bermanfaat

____________________________________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment

Berikan Kesan Yang Membangun Kawan.....

About Me

I am 26 Years old, Born in one village in east of Region Bulukumba. Educational background Electrical Engineering at State Polytechnic of Ujung Pandang, & Continue to Bachelor Degree In UVRI Management, Economy Faculty. Now i am working at BUMN company (Tonasa Cement Plant)and Active in personal franchise business developer. So U can ask me and share in many things...telecomm,business,self improvement,religious, and Instrumentation Engineering.